Bunga Mawar - Hmmm....kalian tentu sudah tidak asing lagi kan dengan bunga yang satu ini, bunga yang sering digunakan para cowok untuk memikat hati cewek, bunga ini juga sering dijadikan lambang cinta. Aromanya yang harum, warnanya yang elok dan bentuknya yang sangat anggun banyak dijual di toko-toko bunga dan juga sering dijaikan tanaman hias oleh masyarakat.
Bunga mawar memiliki nama Latin  Rosa Acicularis memiliki sekitar 100-150 varian yang berbeda yang tersebar di seluruh dunia. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.

Kandungan Kimia Bunga Mawar

Tumbuhan mawar memiliki rasa manis dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bunga mawar di antaranya sitral, sitroneol, geraniol, linalo, nero, eugenol, feniletil, kohok, farnesol, nonilaldehida. Efek farmakologis bunga mawar di antaranya melancarkan sirkulasi darah, menormalkan sikius haid, antiradang, menghilangkan bengkak, dan menetralisir racun.

Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan

  1. Mengobati Batuk darah
    Caranya: Seduh 10 g bunga mawar kering dengan 1 cangkir air panas. Tambahkan gula batu secukupnya, aduk rata, lalu tutup cangkirnya. Setelah 30 menit, minum air seduhannya 2 kali sehari dengan dosis dan cara yang sama.
  2. Mengobati Campak
    Caranya: Cuci bersih 15 kuntum bunga mawar lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 ½ gelas. Dinginkan, saring, lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum air rebusannya 2 kali sehari, masing-masing 1 bagian.
  3. Haid tidak teratur
    Caranya: Seduh 20 g bunga mawar segar dengan 1 gelas air panas untuk diminum 2 kali sehari.
  4. Mengatasi Keputihan
    Caranya: Rebus 9—15 g akar bunga mawar kering dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas, dinginkan, lalu saring. Minum air saringannya sekaligus ½ gelas sehari.
  5. Penurunan bagian uterus
    Setelah melahirkan (prolapsus uteri) Lumatkan 30 g bunga mawar kering. Tambahkan gula batu secukupnya dan 1 cangkir arak merah, lalu tim. Minum hasil tim 1 kali sehari.










Bunga mawar juga bisa dijadikan masker wajah, berikut adalah cara untuk membuat masker dari bunga mawar.

Cara Membuat Masker Bunga Mawar

Bahan:
  • 6 tangkai bunga mawar.
  • 6 sdm air mawar.
  • 1 sdm yoghurt plain.
  • 1 sdm madu yang telah dihangatkan (gunakan microwave beberapa menit saja).
Cara membuat:
  • Petik kelopak bunga dan haluskan pada sebuah wadah.
  • Tambahkan air mawar, madu dan yoghurt murni. Campurkan hingga merata.
  • Oleskan ke seluruh wajah dengan kuas selama 10 menit.
  • Cuci bersih wajah dengan air dan kamu akan merasakan kesegaran baru pada wajahmu.


Nah itu tadi sedikit penjelasan tentang bunga mawar, semoga bermnafaat dan selamat mencoba :)

loading...

Ikuti Update Kami