Kandungan dan Manfaat Bunga Kamboja - Bunga kamboja mungkin terdengar sedikit angker bagi kita, tetapi dibalik keangkerannya itu terdapat banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan kita, di Bali bunga kamboja selain digunakan sebagai tanaman hias, tanaman kamboja juga digunakan untuk menggelar berbagai upacara keagamaan, penenang jiwa, dan lainnya. Bunga kamboja memiliki nama latin Plumeria, telah diabadikan dari nama salah satu botani yang berasal dari Prancis yaitu Charles Plumier, yang menjadi orang pertama yang menemukan tumbuhan ini saat melakukan perjalanan menuju dunia yang baru yaitu Amerika di abad 16 yang lalu dengan misi untuk mendokumentasikan fauna serta flora yang banyak terdapat di sana. Bunga kamboja diyakini berasal dari Amerika ya guys.

Kandungan Kimia Bunga Kamboja

Berikut ini adalah kandungan yang terdapat dalam tanaman kaboja:
  • Asam plumerat
  • Asam serotinat
  • Plumierid
  • Agoniadin
Pada akar dan daunnya juga mengandung  zat kimia seperti:
  • Saponin
  • Polifenol
  • Alkaloid
  • Fenetilalkohol












Manfaat Bunga Kamboja dan Cara Mengobatinya

  1. Mengobati bisul
    Cara mengobati: Siapkan beberapa lembar daun kamboja, kemudian cuci bersih daun kamboja tersebut, panaskan hingga daunnya lemes. Oleskan minyak kelapa kedaun kamboja tersebut kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terkena bisul. Atau anda dapat mengunakan cara yang lain yaitu oleskan getah kamboja secara langsung kebagian tubuh yang tekena bisul dua kali sehari.
  2. Mengobati disentri atau mencret
    Cara mengobati: Siapkan 12-24 gram bunga kamboja yang sudah kering, kemudian cuci sampai bersih, rebus ramuan tersebut kedalam air tiga gelas sampai airnya berkurang menjadi satu gelas, saring ambil airnya kemudian minum air ramuan tersebut satu kali sehari
  3. Gigi berlubang
    Ambil beberapa tetes getah bunga kamboja, letakkan kekapas, masukkan kapas yang sudah ada getah bunga kamboja kedalam gigi yang berlubang. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai terkena gigi yang tidak berlubang dan sehat.
  4. Mengobati kencing nanah
    Cara mengobati: Siapkan satu potong akar kembang kamboja, cuci sampai bersih, rebus akar kembang kamboja tersebut dengan volume air tiga gelas hingga airnya berkurang menjadi satu gelas, saring ambil airnya kemudian minum selagi hangat. Atau anda dapat mengunakan cara yang lain untuk mengatis kencing nanah. Siapkan tiga jari kulit bunga kemboja lalu potong kecil-kecil, cuci sampai bersih, rebus dengan volume air lima gelas hingga airnya berkurang menjadi dua setengah gelas, saring ambil airnya, tambahkan madu lebah secukupnya. Minum air ramuan tersebut tiga kali sehari sekali minum 3/4 gelas
  5. Untuk kaki pecah-pecah
    Cara mengobati: Siapkan satu potong kulit kembang kamboja, cuci sampai bersih, rebus kulit kayu kembang kamboja tersebut dengan volume air tiga liter hingga mendidih. Gunakan untuk merendam kaki yang pecah-pecah selagi hanga. Lakukan dengan rutin satu kali sehari, sebaiknya dilakukan sebelum tidur.

Nah itu tadi sedikit penjelsan tentang kandungan dan manfaat bunga kamboja, udah tau kan sekarang? Jadi jangan  menganggap bunga kamboja sebagai bunga angker ya guys, karena bunga kamboja mempunyai banyak manfaat untuk manusia. Oke semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang membacanya yah :)

loading...

Ikuti Update Kami