Buah Semangka - Ya, adalah buah semangka yang sangat segar jika dibuat jus ataupun hanya dimakan secara langsung saat cuaca sedang panas, rasanya pun manis yang kemudian membuatnya sangat laku dipasaran, bentuknya berbeda-beda, ada yang bulat juga lonjong, warnanya pun berbeda-beda, ada yang merah juga ada yang kuning, hmm udah kayak lagu balonku aja :D hehe..
Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.
Selain segar dan manis, ternyata buah semangka juga memiliki segudang manfaat, berikut ini kandungan yang ada dalam buah semangka:

Kandungan Buah Semangka

  • karbohidrat
  • air
  • vitamin A, B1, B2 B6, C
  • kalsium
  • folate
  • besi
  • niacin
  • magnesium
  • zinc
  • gula
  • serat pangan
  • lemak
  • protein
  • phosporus
  • potassium
  • pantothenic acid

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

  1. Mencegah tekanan darah tinggi dan stroke
    Dalam buah semangka mengandung kalium yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan karetenoid pada buah semangka dapat mencegah pengerasan dinding arteri maupun pembuluh vena, sehingga dapat mengurangi tekanan darah.
  2. Menyegarkan kulit
    Buah semangka memiliki zat alami yang dapat mengubah penampilan kulit. Anda dapat memijat kulit Anda dengan irisan semangka segar atau mencampurnya dengan madu untuk mendapatkan hasil terbaik. Anda juga dapat menggunakan jus semangka dan mengoleskannya pada wajah dan leher Anda.
  3. Menjaga kesehatan ginjal
    Manfaat buah semangka dalam menjaga kesehatan ginjal yaitu karena adanya kandungan kalium yang tinggi. Kalium ini membantu membersihkan sisa-sisa racun yang terdapat pada ginjal. Selain itu, buah semangka mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga mengurangi resiko kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.
  4. Antioksidan
    Sebagai antioksidan yaitu melihat dalam buah ini mengandung likopen yang cukup tinggi. Likopen merupakan senyawa antioksidan yang berpotensi untuk mencegah radikal bebas. Radikal bebas berlangsung tidak terkendali, bisa disebabkankarena polusi, pola makan dan daya tubuh yang menurun. Hal ini berakibat, tubuh anda mudah terserang penyakit dan radikal bebas ini merupakan awal dari munculnya penyakit kanker.
  5. Melembapkan kulit
    Semangka adalah buah yang mengandung banyak air yang membuat tubuh dan kulit terhindar dari dehidrasi. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda dapat mencampurkan semangka dan madu untuk tetap melembapkan kulit. Dehidrasi dapat menyebabkan wajah kering dan kusam. Jadi, sertakan buah berair ini dalam diet Anda.
  6. Mencegah sariawan
    Buah semangka mengandung banyak vitamin dan air, kedua senyawa inilah yang berperan dalam mencegah munculnya sariawan. Karena pada dasarnya, sariawan ditimbulkan karena adanya bakteri yang berkembang di mulut dan bakteri akan berkembang baik jika mulut anda kering sehingga kandungan air dari buah semangka dapat mengurangi adanya bakteri.
  7. Alternatif makanan rendah gula bagi penderita diabetes
    Meskipun buah semangka manis, namun ternyata mengandung gula yang relatif rendah. Selain itu, manfaat buah semangka bagi penderita diabetes yaitu kandungan yang terdapat dalam buah semangka mampu merangsang produksi insulin sehingga menurunkan kadar gula dalam darah.











Selama ini kita hanya memakan semangka hanya dagingnya saja, tapi ternyata bukan hanya daging semnagka saja yang mempunyai gizi, kulit semangka pun mempunyai gizi yang berguna u tuk manusia, berikut ini adalah manfaat kulit semangka.

Manfaat Kulit Semangka

Kandungan Dan Manfaat Kulit Semangka
Walaupun tidak manis dan serenyah daging semangka, kulit semangka juga masih mengandung sejumlah gizi yang berharga bagi tubuh. Sepotong kulit semangka berukuran 2,5 cm x 2,5 cm diketahui mengandung sekitar 1,8 kalori. Selain itu, walaupun kandungan nutrisi makro dalam kulit semangka tidak sebanyak dalam daging buahnya, namun satu cangkir porsi kulit semangka dapat memberikan sekitar 2% dari kebutuhan vitamin C harian serta 1% dari kebutuhan vitamin B6 harian. Manfaat kulit semangka diketahui sangat baik bagi kulit, sistem imunitas, dan kesehatan sistem saraf.
Kandungan yang paling luar biasa dalam kulit semangka mungkin adalah senyawa citrulline.
Senyawa ini dikatakan memberikan efek antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, dalam tubuh anda citrullin juga dapat diubah menjadi arginin, sebuah asam amino yang sangat penting bagi sistem peredaran darah dan kekebalan tubuh. Inilah alasan mengapa semangka dikatakan dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menyembuhkan impotensi.

Demikianlah ulasan tentang manfaat buah semangka, semoga bermanfaat. baca juga tentang manfaat bunga melati dan manfaat buah belimbing

loading...

Ikuti Update Kami