Kandungan dan Manfaat Buah Sawo untuk Kesehatan - Buah yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, buah yang berbentuk bulat dan berwarna coklat ini adalah buah tropis yang mempunyai rasa manis jika sudah matang dengan tekstur halus atau kasar dan mempunyai ukuran sekitar 10 cm, dan berat sekitar 150 g . Setiap pohon yang berbuah sanggup menghasilkan sebanyak 2000 buah/musim. Sawo juga merupakan tanaman buah yang dapat berumur panjang. Buah sawo yang memiliki nama Latin  (Manilkara zapota) ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, tahan angin dan tahan panas, sehingga cocok untuk ditanam didaerah kering dan sedikit hujan. Sawo sebaiknya tidak diberikan untuk bayi karena getahnya bisa merusak sistem pencernaan. Sawo juga tidak baik untuk orang yang mempunyai penyakit diabetes karena mengandung banyak gula. Mengkonsumsi buah sawo juga bagus untuk kulit, karena sawo mengandung vitamin E yang baik untuk kulit.

Kandungan Nutrisi Buah Sawo

Berikut ini adalah kandungan buah sawo sebanyak 100gr:
  • Energi = 92 kkal.
  • Protein = 0,5 gr
  • Lemak = 1,1 gr
  • Karbohidrat = 22,4 gr
  • Kalsium = 25 mg
  • Fosfor = 12 mg
  • Zat Besi = 1 mg
  • Vitamin A = 60 IU
  • Vitamin B1 = 0,01 mg
  • Vitamin C = 21 mg

Manfaat Buah Sawo untuk Manusia

Berikut ini adalah manfaat buah sawo untuk tubuh manusia:
  1. Mencegah Kanker Usus
    Karena buah sawo memiliki kandungan serat yang tinggi, maka buah ini baik untuk pencernaan di dalam usus. Karena mampu menyembuhkan penyakit sembelit dan bertindak sebagai pencegah serangan kaker di dalam usus.
  2. Mengobati Wasir dan Diare
    Buah sawo baik untuk penderita wasir dan diare karena buah sawo memiliki kandungan tanin yang cukup tinggi, mengandung antioksidan serta senyawa poli-fenolik. Tanin diketahui memiliki anti-parasit, antivirus, anti-inflamasi dan juga anti-bakteri.
  3. Pencegahan Infeksi
    Sawo mempunyai vitamin C dan A yang cukup baik. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit dan juga selaput lendir. Sedangkan Vitamin C memberikan perlawanan terhadap serangan radikal bebas yang berbahaya dan pencegahan infeksi.
  4. Mengobati Disentri
    Buah sawo juga dapat mengobati disentri, yaitu dengan cara mengambil buah sawo yang masih muda, haluskan kemudian di campur dengan garam secukupnya. Sebaiknya dimakan 2 kali sehari.
  5. Mengobat Radang Mulut
    Selain buahnya, daun sawo juga bisa di gunakan sebagai obat radang mulut, caranya adalah dengan mengambil daun sawo, cuci bersih kemudian rebuslah selama 10 menit, lalu gunakan airnya untuk berkumur kumur.
  6. Memperlancar Pencernaan
    Buah sawo mengandung zat yang bernama inflamasi yang baik untuk pencernaan di dalam usus.
  7. Sangat Baik untuk Tulang
    Di dalam buah sawo terkandung senyawa fosfor dan juga kalsium, sehingga baik bagi kesehatan tulang.
  8. Baik untuk Kesehatan Mata
    Di dalam buah sawo terkandung vitamin A yang tinggi, oleh karena itu sawo akan sangat bermanfaat untuk mata.
  9. Mengandung Protein
    Buah sawo mengandung banyak protein yang sangat baik untuk pertumbuhan, terlebih untuk pertumbuhan anak-anak.
  10. Baik bagi Kulit
    Di dalam buah sawo mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit kita.

loading...

Ikuti Update Kami