Buah Pinang - Buah yang satu ini dulunya sering digunakan nenek moyang kita untuk nginang bersama dengan daun sirih dan kapur. Kenyataannya orang-orang dulu yang sering nginang malah mempunyai gigi yang bagus, tidak keropos dan kuat sampai mereka tua. Benarkah buah pinang bisa memperkuat gigi kita? Sebenarnya kandungan apa sih yang terdapat pada buah pinang?
Berikut ini penjelasannya.
Buah Pinang adalah sejenis palma yang tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Betel palm atau Betel nut tree, dan nama ilmiahnya adalah Areca catechu. Pelepah daun berbentuk tabung dengan panjang 80 cm, tangkai daun pendek, helaian daun panjangnya sampai 80 cm, anak daun 85 x 5 cm, dengan ujung sobek dan bergerigi. Biji pinang yang memiliki rasa pahit itu mengandung alkoloida seperti arekaina (arecaine) dan arekolina (arecoline) yang memiliki sifat racun dan adiktif.Beberapa kandungan senyawa penting pada buah pinang antara lain adalah arecaidine, arecolidine, guvacoline, guracine dan beberapa unsur lainnya.
Berdasarkan penelitian oleh para ahli, yang dikutip dari ”The Merck Index”, zat yang terkandung didalam buah pinang seperti Arecoline yang merupakan sebuah ester metil-tetrahidrometil-nikotinat yang berwujud minyak basa keras. Dulu, zat tersebut digunakan dalam bentuk arecolinum hydrobromicum yang berfungsi untuk membasmi cacing pita pada hewan seperti unggas, kucing, dan anjing, sebelum ditemukannya obat cacing sintetik, seperti piperazine, tetramisole, dan pyrantel pamoate.
Senyawa kimia lainnya yang terkandung dalam biji pinang adalah Arecaidine atau arecaine, Choline atau bilineurine, Guvacine, Guvacoline, dan Tannin dari kelompok ester glukosa yang menggandeng beberapa gugusan pirogalol. Sifat astringent dan hemostatik dari zat tannin inilah yang berkhasiat untuk mengencangkan gusi dan menghentikan perdarahan.

Manfaat Buah Pinang

  1. Meningkatkan gairah
    Caranya: Ambil satu biji buah pinang yang belum mengeras. Potong kecil-kecil kemudian kunyah dan makan. Cara lain, ambil satu biji buah pinang kemudian hancurkan dan rebus dalam dua gelas air. Tunggu sampai menjadi satu gelas. Keduanya memiliki khasiat yang sama.
  2. Mengobati luka kulit
    Caranya: daging buah pinang yang masih muda ditumbuk hingga halus, lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang terluka.
  3. Mengobati cacingan
    Caranya: 1/4 potong buah pinang, setengah jari rimpang temulawak, dan setengah jari rimpang kunyit. Semua bahan tersebut direbus kemudian disaring lalu minum air hasil saringan tersebut.
  4. Menguatkan gigi dan gusi
    Caranya: Ambil beberapa biji buah pinang. Iris menjadi beberapa bagian, kemudian kunyah irisan tersebut.
  5. Mengobati Sakit pinggang
    Caranya: Ambil beberapa lembar daun pinang. Tumbuk daun tersebut dan hangatkan. Daun pinang yang tenah ditumbuk dikompreskan di tempat yang sakit.
  6. Mengobati Kudis
    Caranya: Parut satu biji buah pinang. Campur dengan seperempat sendok teh kapur sirih dan air secukupnya. Oleskan di bagian yang sakit.
  7. Mengobati Difteri
    Caranya: 2 biji buah pinang kemudian rebus dalam dua gelas air. Tunggu sampai tersisa menjadi 1 1/2 gelas. Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk rata. Minum perlahan-lahan untuk menyembuhkan difteri.
  8. Mengecilkan rahim setelah melahirkan
    Caranya: masak buah pinang muda lalu airnya diminum hingga rahim kembali ke bentuk normal.
  9. Mengobati rabun mata
    Caranya: Cukup dengan langsung dikunyah dan airnya ditelan.
  10. Meningkatkan gairah seks kaum pria
    Khasiat ini di ketahui karena di dalam pinang terkandung arekolin.
  11. Mengobati telinga bernanah
    Caranya: ambil akar buah pinang muda secukupnya, tumbuk halus, peras airnya. Bersihkan terlebih dahulu telinga anak yang sakit dengan kapas, setelah itu tetesi dengan air perasan pinang di bagian telinga yang sakit sebanyak 3 tetes. Sumbat telinga dengan kapas agar air tetesan tidak mengalir keluar. Lakukan setiap hari secara rutin hingga sembuh.

Nah itu tadi sedikit penjelasan tentang kandungan, manfaat dan cara mengobati dengan buah pinang, semoga bermanfaat dan selamat mencoba:)



loading...

Ikuti Update Kami