Buah Pala - Buah mungil yang satu ini sering kita jumpaiu sebagai salah satu bumbu masak di dapur. Dahulu para penjajah sangat memperebutkan buah yang satu ini, emm kenapa yaaa? Sebenernya ada apa sih dibalik buah pala ini? Ada kandungan apa dan manfaatnya apa sih buah ini? Hmm jelas ini adalah pertanyaan yang besar buat anda yang belum tau kandungan dan manfaat buah pala. Ada tiga bagian dari buah pala yang bernilai ekonomis tinggi. Pertama daging buah yang berwarna keputihan. Daging buah pala dapat diolah menjadi manisan atau direbus dengan gula menjadi sirup pala yang terkenal lezat dan harum. Berikutnya adalah fuli, sebagian orang menyebutnya dengan bunga pala. fuli banyak digunakan sebagai bumbu masakan atau diekstrak sarinya menjadi bahan baku kosmetika dan parfum. Terakhir Bagian biji yang berwarna kecoklatan, pada bagian ini paling banyak dimanfaatkan. Dihaluskan menjadi beragam bumbu masak , parfum, kosmetik, minyak atsiri, bahan pengawet.

Klasifikasi Buah Pala

Klasifikasi tanaman pala adalah sebagai berikut :
Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliphyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Magnoliales
Famili : Myristicaceae
Genus : Myristica

Kandungan Buah Pala

  • Jumlah Kandungan Energi Buah Pala = 42 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Buah Pala = 0,3 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Buah Pala = 0,2 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Buah Pala = 10,9 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Buah Pala = 32 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Buah Pala = 2 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Buah Pala = 29 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buah Pala = 0 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Buah Pala = 22 mg

 Manfaat Buah Pala

  1. Pereda sakit perut
    Senyawa alami yang terkandung dalam buah pala ini berkhasiat membantu kelancaran saluran pencernaan, tidak heran sejak dulu pala sudah di kenal untuk mengatasi masalah diare, perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya.
  2. Obat tidur
    Untuk mengatasi masalah tidur, tuangkan sedikit pala bubuk pada segelas susu hangat.
  3. Menghilangkan jerawat dan noda
    Tubuk buah pala sampai halus lalu campurkan dengan susu whole milk , aduk hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada bagian wajah yang bermasalah, diamkan beberapa menit, lalu bersihkan wajah seperti biasa.
  4. Mengatasi rasa mual
    Cara menbgobati: Seduh 1 sdt pala halus dengan ¼ sdt garam halus dalam 1 gelas air hangat. Aduk rata dan minum selagi hangat beserta ampasnya.
  5. Meringankan penyakit maag
    Cara mengobati: Siapkan 100 ml air hangat, Campur dengan 1 sdt pala halus dan 2 sdt bubuk buah pisang batu. Minum beserta ampas selagi hangat. Sebaiknya pengobatan diulang sampai sembuh
  6. Menyembuhkan suara parau
    Cara mengobati: Campur 2 sdm pala jalus dengan 2 sdm jahe parut, 1 sdt cengkeh halus dan 3 tetes minyak kayu putih. campur semua bahan sampai terbentuk adonan menyerupai pasta. Oleskan pada leher seperti memakai masker, biarkan meresap selama 3 jam. Ulangi pengobatan sampai sembuh. Sekian dulu untuk postingan kali ini semoga bermanfaat.

loading...

Ikuti Update Kami