Bawang Merah - Bawang merah tentu sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat, khususnya ibu-ibu, karena tumbuhan satu ini biasa digunakan sebagai bumbu dapur yang sepertinya harus selalu ada ketika para ibu-ibu memasak.
Bawang merah yang dalam bahasa latin disebut Allium ascalonicum L. merupakan tumbuhan dalam famili Alliaceae. Namum berbeda ketika bawang merah yang telah diiris kemudian  tidak digunakan lebih dari satu hari, jika tidak digunakan lebih dari satu hari maka akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, meskipun irisan bawang merah tersebut disimpan didalam lemari es. Jadi usahakanlah langsung menggunakan bawang merah yang sudah diiris tersebut, karena jika tidak, bisa membahayakan kesehatan tubuh kita.

 

Kandungan Bawang Merah

Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat dalam bawang merah:
  • flavonglikosida (berfungsi sebagai antiradang, pembunuh bakteri, dan menurunkan panas)
  • protein
  • lemak
  • kalsium
  • fosfor
  • Vitamin B1
  • Vitamin C.

 

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Selain untuk bumbu masakan ibu didapur, bawang merah juga mempunyai banyak manfaat lain untuk manusia, yaitu untuk menyembuhkan beberapa penyakit pada manusia, berikut diantaranya:
  1. Mengatasi Batuk
    Bahan-bahan:
    Bawang merah 4gr, Daun poko segar 4 gr, Daun sembung segar 4gr, Buah adas 2 gr, Herba segar 4gr, Air sekitar 125ml.

    Cara:

    Pipiskan keseluruhan bahan tersebut diatas dengan air yang sudah tersedia, kemudian buatlah menjadi infuse atau pil. Kemudian obat bisa diminum setiap hari sekali selama 14 hari lamanya.
  2. Mengatasi Demam Pada Anak
    Bahan:
    Bawang merah, minyak kelapa, minyak kayu putih.

    Cara:

    Tipiskan bawang merah, lalu campurkan bawang merah yang sudah ditipiskan dengan minyak kelapa dan minyak kayu putih. Terakhir anda pun bisa membalurkannya pada perut kembung, kaki, tangan dan seluruh badan.
  3. Mengatasi ketombe
    Bahan:
    Bawang merah, lemon, dadih dan beberapa tetes madu.

    Cara:

    Buatlah bawang merah menjadi jus, kemudian campurkan dengan lemon, dadih dan madu. Terakhir anda bisa mengoleskannya pada rambut kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas rambut dengan menggunakan shampoo anti ketombe.
  4. Mengatasi rambut rontok
    Bahan:
    Bawang merah dan Hot coconut oil.

    Cara:

    Pertama buatlah bawang merah menjadi jus terlebih dahulu. Kemudian pijatlah kepala anda dengan menggunakan hot coconut oil selama 30 menit, kemudian oleskan bawang merah yang sudah dijus pada bagian pori-pori kepala anda. Setelah tutup rambut anda dengan handuk hangat supaya rambut anda nantinya menguap.

    Sekian sekilas penjelasan tentang bawang merah, semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya :)

loading...

Ikuti Update Kami