Manfaat Kandungan Gizi Pada Cabe Bagi Tubuh : Cabe adalah makan yang ada di negara indonesia, cabe mungkin di negara lain berbeda untuk penamaanya, atau bahkan tidak ada. soalnya dulu pernah ada kejadian  seorang bule yang tanya tentang buah ini kepada petani, dan petani itu pun menjawabnya silahkan di makan saja. setelah cabe itu dimakan ternyata wajah si bule tersebut berubah menjadi merah semua dan kepedesan deh dia. hahaha.., kasian amat.., malah ngelantur kemana mana.. nih ada beberapa kandungan gizi yang terdapat pada cabe yang berfungsi untuk kesehatan tubuh kita.


MANFAAT KANDUNGAN GIZI PADA CABE BAGI TUBUH

Manfaat Cabe Rawit Untuk Kesehatan Jantung

Nah, manfaat cabe rawit yang satu ini sangat berguna sekali, terutama bagi seseorang yang memiliki risiko terkena penyakit jantung. Beberapa  penelitian menyebutkan, mengkonsumsi cabe rawit dapat membantu untuk mengencerkan sumbatan pada aliran darah, yang bisa menyebabkan gangguang aliran darah, stroke dan penyakit jantung.

Cabe rawit memeiliki sifat antikoagulan, sehingga ia membantu menghancurkan bekuan darah, dan juga menghambat terbentuknya bekuan darah di sepanjang saluran darah. Manfaat cabe rawit yang lainnya, yang masih berhubungan dengan darah adalah, cabe rawit dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Jika Anda suka makan menu gorengan, mungkin perpaduan gorengan dan cabe rawit sangat pas untuk mengurangi kadar kolesterol yang diakibatkan oleh gorengan tesebut.

Nyeri Sendi dapat diatasi dengan Mengkonsumsi Cabe Rawit

Jika Anda memiliki penyakit pada sendi, seperti penyakit rematik, mengkonsumsi cabe rawit mungkin dapat membantu mengatasi masalah Anda. Kandungan capcaisin dalam cabe berkhasiat dalam meredakan kejang pada otot.

Beberapa orang yang sering mengalami nyeri pada persendian bisa membuat sediaan krim dari cabe rawit, dimana rasa hangat yang ditimbulkan bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Manfaat Cabe Rawit Sebagai Antioksidan

Manfaat cabe rawit yang satu ini boleh diacungkan jempol. Bagaimanapun manfaat antioksidan bagi tubuh sangat banyak, salah satunya menghindari dari banyak penyakit. Dalam cabe rawit terkandung zat zat penting seperti kapsaisin, kapsantin, karetenoid, alkaloid atsiri, rsin, vitamin A dan C. Zat ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam cabe rawit sangat tinggi, yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidak hanya daya tahan tubuh yang diperbaiki, manfaat cabe rawit juga bisa digunakan untuk meningkatkan kesuburan. Selain itu, mengkonsumsi cabe rawit juga mampu meningkatkan gairah seksual bagi Anda yang memiliki masalah dengan hal tersebut.

Tapi bagi Anda yang memiliki masalah dengan saluran cerna, sebaiknya konsumsi cabe rawit dikurangi, atau dihindari sama sekali. Rasa panas yang timbul akibat cabe rawit tidak baik bagi penderita gangguan saluran cerna, dan juga bagi penderita sakit mata.

Kandungan Vitamin Cabe


  1. Mengandung vitamin C Cabe memiliki kandungan vitamin C yang berguna untuk kesehatan gigi dan gusi. Kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan sariawan, tapi pikir-pikir dulu kalau ingin mengobati sariawan dengan memakan cabe. Vitamin C merupakan vitamin yang bersifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga mampu melindungi tubuh dari kanker. Jadi, cabe bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C selain dengan memakan buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk.
  2. Mengandung beta-karoten Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh diubah menjadi vitamin A. Dengan kata lain, beta-karoten adalah pro vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang baik untuk kesehatan mata. Namun, jangan coba-coba mengoleskan cabe pada mata.
  3. Mengandung capsaicin Capsaicin yang ada pada cabai dapat bermanfaat untuk mengencerkan lendir, sehingga lendir dapat mempermudah lendir keluar dari saluran pernapasan. Selain itu, capcaisin bersifat antikoagulan yang dapat melakukan pencegahan terhadap terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah. Hal ini dapat berguna untuk mencegah penyakit jantung koroner, impotensi dan stroke.
  4. Mengatasi sembelit Memakan cabe bisa menyebabkan diare. Diare berarti feses (tinja) yang dihasilkan encer. Bagi penderita sembelit, memakan cabe bisa mengatasi susah buang air besar. Memakan cabe dapat memperlancar pencernaan, namun kalau kebanyakan bisa menyebabkan diare.
  5. Membuat tubuh berkeringat Memakan cabe dapat membuat keringat keluar dari tubuh. Memakan cabe bisa meningkatkan produksi keringat sehingga tubuh bisa lebih segar.


loading...

Ikuti Update Kami