Gizi Ikan Patin - Ikan Patin adalah jenis ikan air tawar yang banyak terdapat di indonesia khususnya di daerah saya. ikan ini bisa di olah menjadi banyak jenis masakan yang bisa menggoyangkan lidah kita. disekitar kontraan saya ikan patin sering dimasak mejadi pindang, dan banyak juga digoreng biasa namun tidak berasa maknyus. Ikan Patin memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Maka tak heran jika banyak sekali orang yang membudidayakan ikan ini, karena peminat ikan ini cukup banyak. Sama seperti halnya jenis ikan lain, ikan ini juga kaya akan kandungan gizi. Kandungan gizi yang berupa protein hewani relatif lebih besar dari pada protein yang dihasilkan oleh ikan air tawar jenis lain. Sumber protein yang tersedia dalam daging ikan patin adalah sekitar 23-28 persen.



Berdasarkan hasil dari penelitian, kandungan gizi di dalam ikan patin yang berupa lemak tak jenuh (USFA sebesar 50 %) sangatlah bagus untuk mencegah terjadinya resiko penyakit Kardiovaskular. Lemak tak jenuh juga bermanfaat untuk menurunkan besarnya kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang terkandung di dalam darah sehingga dapat mencegah dan mengurangi terkena penyakit jantung koroner.

Jika di lihat dari rendahnya kadar kolesterol yang terkandung dalam daging ikan patin ( 21-39mg/100 gram), maka manfaat ikan patin  sangatlah bagus bagi anda yang sedang menjalankan program diet karena bisa mengurangi asupan kolesterol harian di dalam menu makanan anda.




Jenis Masakan Ikan Patin 

  • Gulai Ikan Patin khas JambiMakanan ini sangat populer di masyarakat Jambi. Gulai ini dimasak dengan menggunakan tempoyak yaitu daging buah durian yang telah difermentasi. Tetapi ada sebagian orang yang memilih untuk mengganti tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau dan rasa tempoyak yang cukup menyengat.
  • Gulai Asam Pedas Ikan Patin khas PekanbaruKekhasan makanan yang satu ini berada pada kuahnya yang kuning pekat dipadukan dengan potongan-potongan ikan patin yang berukuran besar. Makan ini menggunakan campuran daun kecombrang/bunga kincung. Selain berfungsi sebagai sayuran, daun kecombrang juga akan menambahkan aroma masakan yang khas. Kuah yang kental serta aroma daging ikan yang harum, sangat cocok dijadikan menu makan siang.
  • Pindang Ikan Patin khas PalembangMakanan ini memiliki rasa campuran mulai dari agak pedas, gurih dan sedikit asam. Rasa asamnya berasal dari buah nanas plus tomat kecil. Ditambah daun semanggi yang membuat makanan ini harum memikat siapa pun. Lebih nikmat lagi jika makanan ini disajikan dalam keadaan masih panas dengan nasi putih yang masih hangat. Jangan lupa krupuk agar makin nikmat.
  • Pepes Ikan Patin
    Makanan ini memiliki rasa yang sangat nikmat sekali, yang merupakan masakan asli dari banjarmasin, rasanya yang sangat gurih dengan balutan daun pisang yang menghasilkan aroma yang sangat memikat untuk mencobannya. 


sekian dulu ya kawan kawan untuk artikel lainya tentang gizi silahkan baca artikel lainya kandungan gizi pada telur bebekkandungan gizi pada ikan lele dan cara merawat ayam bangkok aduan.

loading...

Ikuti Update Kami