Buah Sirsak - Siapa yang belum pernah merasakan buah ini atau bahkan belum tau dan belum pernah menjumpainya. buah ini sekarang sudah jarang di jual di pasar, dan toko buah karena peminat dan daya tahan buah ini kurang begitu lama. buah yang memiliki duri pada bagian kulitnya ini mempunyai rasa yang sangat manis dan mempunyai rasa yang khas.

Buah sirsak mengandung banyak vitamin, namun yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dapat dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak menjadikan buah ini sebagai antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.


KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT BUAH SIRSAK

Sejumlah penelitian baik yang dilakukan oleh para praktisi kesehatan maupun institusi pendidikan dan pemerintah, menemukan bahwa zat/ senyawa yg terkandung dalam buah sirsak dapat memberikan efek sangat baik untuk tubuh terutama yang berkaitan dengan kesehatan.
  • Journal of Natural Product menerbitkan sebuah hasil penelitian yg dilakukan oleh Catholic of South Korea, dimana dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa salah satu senyawa dalam buah sirsak dapat membunuh sel kanker pada usus besar. Kekuatannya bahkan diyakini 10.000 kali lebih besar dibandingkan obat kemoterapi adriamycin. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa ekstrak sirsak mempunyai sejumlah kemampuan hebat seperti menyerang kanker secara efektif serta aman bagi tubuh. Senyawa tersebut juga dapat memberikan perlindungan terhadap system imun serta menghindari infeksi mematikan pada tubuh.
  • vine-uk.com melansir sekitar 20 tes laboratorium yg menyatakan bahwa kandungan senyawa dalam buah sirsak efektif dalam membunuh sel-sel kanker yang menyerang usus besar, paru-paru, payudara, prostate, pancreas, dan serviks. Dalam tes disebutkan juga bahwa senyawa dalam buah sirsak tersebut tidak merusak sel-sel sehat, bahkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat mencegah infeksi.
  • Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia ( PDHMI) yaitu Dr.Hardhi menyatakan bahwa dalam buah sirsak terkandung senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid, dimana senyawa-senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan. Uniknya, Tidak seperti herbal lainnya, sirsak tidak membahayakan sel-sel yang masih sehat, melainkan senyawa dalam sirsak hanya membunuh sel-sel abnormal yg bersifat sebagai perusak seperti halnya sel kanker.
  • Fakta bahwa buah sirsak memiliki khasiat pengobatan, sudah dilakukan oleh suku Indian dari benua amerika. Mereka sudah menggunakan bagian-bagian tanaman sirsak termasuk buahnya sebagai obat tradisional untuk mengobati sejumlah penyakit.


Manfaat lainnya dari buah sirsak, antara lain :
  1. Kandungan riboflavin atau vitamin B2 dalam buah sirsak dapat meredakan sakit kepala seperti migrain.
  2. Zat besi dalam buah sirsak dipercaya efektif dalam meredakan gejala anemia.
  3. Selain fosfor dan kalsium, kandungan mineral lain dalam buah sirsak yaitu tembaga dapat membantu penyerapan kalsium kedalam tulang sehingga kebutuhan tulang akan nutrisi bisa terpenuhi.
  4. Selain aroma segar yg dimiliki buah sirsak, terkandung juga thiamin, dimana zat ini bermanfaat dalam meningkatkan energi dalam tubuh.
Demikian lah ulasan tentang kandungan gizi dan manfaat buah sirsak untuk kesehatan dan baca tentang kandungan gizi buah pisang, kandungan gizi buah pepaya.


sumber : http://www.fk.unud.ac.id

loading...

Ikuti Update Kami