Buah Nangka - buah yang di juluki dengan jack fruit ini memiliki rasa yang enak dan mirip dengan buah durian dan hampir sama dengan buah cempedak. kalau dengan buah cempedak dari tektur pohon, bentuk buah dan dalamnya hampir sama, namun kalau masalah baunya buah cempedak lah yang menang. buah nangka ini banyak terdapat di perdesaan, selain buahnya yang masih kecil ataupun muda bisa di masak sebagai sayur nangka/gori, sayur nangka yang terkenal adalah sayur gudek di yogyakarta.


Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Buah ini juga mempunyai serat yang rendah kalori sehingga baik untuk pasien penyakit jantung. Berikut adalah sepuluh manfaat nangka bagi kesehatan tubuh kita, seperti yang dilansir di Boldsky.

  1. Kalium dalam nangka efektif dalam mengurangi kemungkinan penyakit jantung karena bisa menurunkan tekanan darah. 
  2. Kandungan zat besi dalam buah yang berserat ini membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. 
  3. Akar adalah obat yang baik bagi orang yang menderita asma. Merebus akar dan ekstrak nangka ternyata dapat membantu untuk mengontrol asma. 
  4. Salah satu manfaat kesehatan dari nangka adalah melindungi tiroid sehat. Mineral mikro dan tembaga dalam nangka juga efektif untuk metabolisme tiroid. Hal ini sangat baik untuk memproduksi hormon dan penyerapan. 
  5. Manfaat kesehatan dari nangka untuk tulang. Buah ini baik untuk anak-anak muda dalammenjaga kesehatan tulang. Nangka kaya akan magnesium yang memperkuat tulang dan mencegah tubuh dari gangguan tulang seperti osteoporosis. 
  6. Manfaat gizi dari nangka adalah sumber makanana yang kaya akan vitamin C dan A. Nutrisi anti-oksidan dalam nangka memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi bakteri dan virus. 
  7. Dengan phyto-nutrisi dan vitamin C, nangka memiliki sifat anti kanker dan anti-penuaan. Nutrisi ini bisa menjauhkan Anda dari bahaya kanker dan memperlambat degenerasi sel untuk mencegah tubuh dari penyakit degeneratif. 
  8. Gula alami seperti fruktosa dan sukrosa dalam buah nangka menjadikannya sebuah sumber energi. Nangka dapat meningkatkan energi dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. 
  9. Nangka bisa menyembuhkan borok dan gangguan pencernaan. Buah berserat tinggi ini mencegah sembelit dan memperlancar gerakan usus. 
  10. Nangka juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Buah ini mengandung vitamin A yang memelihara kesehatan mata dan kelembutan kulit. Nangka juga mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan rabun senja.

Kandungan Gizi Nangka


  • Low cholesterol
    Buah ini juga mengandung kolesterol yang rendah, jadi aman untuk diet serta mencegah penyakit jantung. Anda tak perlu khawatir saat memasukkannya dalam list menu diet.
  • Fitonutrisi
    Nutrisi yang satu ini ampuh untuk melawan kanker. Di mana nangka mengandung fitonutrisi bernama lignans, isoflavon dan saponin, yang berfungsi sebagai anti kanker dan anti aging.
  • Serat
    Serat sangat penting untuk membantu memperlancar pencernaan, serta membersihkan usus.
  • Vitamin C
    Sapa yang bilang kalau jeruk aja yang kaya vitamin C ???  Nangka juga kaya kandungan vitamin C juga lho... Nutrisi yang satu ini mampu melindungi tubuh dari infeksi bakteri serta memperkuat immune tubuh. Menjaga agar sel darah putih tetap stabil jumlahnya.
  • Vitamin A
    Kandungan vitamin A dalam nangka dapat membantu memperbaiki penglihatan serta meningkatkan kualitas rambut dan kulit yang lebih baik.
  • Potassium
    Kandungan potassium membantu menyeimbangkan tekanan darah.
  • Magnesium
    Nutrisi yang satu ini fungsinya untuk menguatkan tulang dan memberi asupan makanan pada tulang. Magnesium sendiri membantu penyerapan kalsium secara maksimal sehingga tulang tidak mudah keropos.



Klasifikasi Buah Nangka
  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
  • Sub Kelas: Dilleniidae
  • Ordo: Urticales
  • Famili: Moraceae (suku nangka-nangkaan)
  • Genus: Artocarpus
  • Spesies: Artocarpus heterophyllus

Demikianlah ulasan tentang kandungan gizi nangka, baca juga kandungan gizi durian dan gizi cempedak.

loading...

Ikuti Update Kami