Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Melon - Buah melon banyak mengandung air, selain mempunyai rasa yang enak buah yang satu ini mengandung banyak sekali vitamin yang berguna untuk kesehatan tubuh kita. buah melon selain banyak nutrisi yang terkandung, memliki hargan juga terjangkau. buah ini banyak sekali terdapat di daerah persawahan atau pegunungan dan mudah sekalai untuk mendapatkan buah ini karena setiap toko buah pastinya ada buah yang satu ini.

Buah yang memiliki rasa yang manis dan segar ini sering dijadikan sebagai campuran minuman. Namun tidak banyak yang tahu, bahwa buah melon memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Berikut ini penjelasan mengenai kandungan gizi dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.

Penelitian Melon

  • Daun melon menurut Hajar Iqbal Ismail dari Departemen Nutrisi, Fakultas kedokteran dan Ilmu kesehatan, Universitas Putra Malaysia, Meneliti kadar fenol dan aktifitas antioksidan pada daun, batang, kulit, biji, dan daging buah melon cantaloupe. ternyata ekstrak daun mempunyai aktivitas antioksidan tetinggi (26,4mg/g ekstrak) dibanding bagian tanaman lain.
  • Hasil Penelitian Hankinson SE, dkk, peneliti Channing Laboratory, Departemen of Medicine, Harvard Medical School, Boston, Amerika Serikat, pada 50.000 perempuan berusia 45-67 tahun menyebutkan, konsumsi makanan bervitamin A tinggi mengurangi 39% risiko terserang katarak. ia menyarankan perbanyak konsumsi melon cantaloune yang mengandung 5.158.40 IU/ 160 g atau 103,2% kebutuhan harian vitamin A.
  • Hasil Penelitian Didier Desor dari Universite Henri Poncare, Perancis, menunjukkan suplemen berbahan melon mampu menurunkan gejala stres akibat kelelahan setelah 28 hari. penelitian itu dilakukan pada 70 sukarelawan sehat. melon ampuh meredakan stres karena kaya antioksidan superoksida dismutase. 


Jenis Melon
Ada empat jenis melon yang sering kita jumpai di pasaran antara lain

  1. Melon Kinanti
  2. Melon Rock Jingga
  3. Melon Golden Apolo
  4. Melon Honey Globe

Kandungan Gizi Buah Melon

Selain memiliki rasa yg segar, buah melon juga mengandung segudang nutrisi penting yg dibutuhkan tubuh. Dalam 100 gram daging buah melon terdapat zat gizi penting seperti:
- Karbohidrat 14,8 gr
- Protein 1,55 gr
- Lemak 0,5 gr
- Potassium 546,9 mg
- Vitamin A 5.706,5 IU
- Vitamin C 74,7 mg
Manfaat Kesehatan Buah Melon Dengan kandungan nilai gizi yang cukup lengkap, maka tidak heran jika buah melon menjadi salah satu buah pilihan yang digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit, seperti: 
  1. Anti Kanker
    Seperti halnya kemampuan buah-buahan segar yang lain, buah melon juga memiliki kemampuan untuk menangkal serangan kanker karena kandungan karotenoid. Karotenoid merupakan pigmen pemberi warna pada buah dan sayuran. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah ini dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker payudara. 
  2. Mencegah Serangan Jantung
    Selain efektif mencegah serangan kanker, kandungan adenosine pada buah melon juga mampu menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke. Adenosine bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil risiko serangan jantung dan stroke. 
  3. Sumber Kolagen
    Anda pasti pernah mendengar istilah kolagen. Sebuah zat yang sering digunakan untuk mengurangi efek penuaan pada beberapa wanita di dunia agar terlihat awet muda. Nah, zat kolagen ternyata juga terdapat pada buah melon. Selain mencegah penuaan, kolagen juga berguna untuk mempercepat penyembuhan luka. 
  4. Menu Diet yang Menyegarkan
    Lebih dari 90 persen kandungan buah melon adalah air yang bisa memberikan efek menyegarkan dan mencegah panas dalam. Buah ini sangat rendah kalori, bebas lemak dan kolesterol, sehingga cocok dikonsumsi saat Anda sedang berdiet. 
  5. Mencegah Impotensi
    Nah, bagi Anda yang bermasalah dengan kehidupan seks, sebaiknya Anda segera mengonsumsi buah segar yang satu ini. Menurut beberapa penelitian di Inggris, buah melon mengandung asam amino yang disebut dengan citrulline yang dapat memproduksi arginine. Arginine berguna dalam meningkatkan aliran darah, terutama aliran darah yang menuju organ seksual. Arginine bekerja sebagai stimulator yang memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju organ seksual menjadi lancar dan terhindar dari disfungsi ereksi (impotensi). 
  6. Menyehatkan Mata
    Buah melon juga diperkaya dengan beta-karoten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman dan menjaga kesehatan mata. Beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan digunakan tubuh untuk memperbaiki fungsi mata, terutama dalam ruangaan dengan pencahayaan minim.
Demikianlah ulasan tentang kandungan gizi dan mafaat buah melon untuk kesehatan tubuh kita, baca juga tentang kandungan gizi pada buah jeruk, kandungan gizi pada buah sirsak


loading...

Ikuti Update Kami