Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Kelapa - merupakan buah yang serba guna dan sangat bermanfaat bagi tubuh kita, air yang sangat segar sekali dan banyak kandungan gizi yang terdapat di dalamnya dan daging kelapa juga banyak mengandung gizi. manfaat buah kelapa tidak hanya terdapat pada buahnya saja, namun hampir semuanya bermanfaat dari pohon, akar, buah, sabut, batok, sepet, daun, manggar, dugan yang kesemuanya itu memiliki peranan masing-masing bagi kehidupan manusia.

Tumbuhan yang berasal dari pesisir samudra hindia ini ternyata bisa berkembang dengan cepat di indonesia dan kelapa ini sudah menyebar daerah pesisir pantai maupun daerah tropis di seluruh dunia.


Manfaat Daging Buah Kelapa 

Yang terkandung dalam daging buah Kelapa ini sekitar 90% merupakan asam lemak jenuh dan 105 asam lemak tak jenuh. Meskipun mengandung asam lemak jenuh, namun minyak Kelapa memiliki rantai karbon sedang sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

Asam lemak rantai sedang lebih baik dibandingkan asam lemak rantai panjang karena bisa langsung dicerna dalam usus tanpa adanya proses hidrolisis dan enzimatis.

Sedangkan minyak yang memiliki rantai karbon yang panjang harus melalui beberapa tahapan dulu untuk diproses di dalam pencernaan manusia sebelum akhirnya dapat diserap dinding usus lewat beberapa proses yang panjang.

Asam lemak rantai sedang juga tidak diubah menjadi lemak atau kolesterol serta tidak memengaruhi kolesterol darah. Dan terkait dengan manfaatnya, asam lemak rantai sedang ini berkemampuan secara spesifik sebagai anti-fungsi, anti-protozoa, anti-bakteri, dan juga anti-virus.

Manfaat Air Buah Kelapa

Beberapa manfaat air buah kelapa yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita
  • Memperlancar Pencernaan
    Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak.
  • Penetralisasi Racun
    Air kelapa memunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat, di antaranya minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.
  • Meminimalisasi Jerawat dan Flek
    Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri-seri.
  • Mengobati Luka Luar
    Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuan dari air kelapa relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit. (btr/R-2)


Ada yang menyebutkan air kelapa dapat menurunkan berat badan, memperbaiki fungsi ginjal, hingga mengobati alergi. Benarkah?

Hal-hal seperti inilah yang harus diluruskan dan diperhatikan oleh orang awam agar tak keliru memahaminya. Setidaknya ada lima hal keliru lainnya tentang air kelapa yang perlu diluruskan.
  • Bantu Turunkan Berat Badan
    Hal ini sering disalahartikan kebanyakan orang. Minum air kelapa secara berlebihan sebenarnya dapat menyebabkan diare. Ini bukan cara tepat dan sehat untuk bisa mendapatkan berat tubuh ideal. Sebaliknya, air kelapa bisa dijadikan stimulan bagi mereka yang susah buang air besar karena dapat membantu melancarkan saluran cerna.
  • Lebih Bernutrisi ketimbang Susu "Full Cream”
    Anggapan ini tidak benar. Dibandingkan dengan air kelapa, susu (baik yang full cream maupun tidak) kaya akan protein, lemak, karbohidrat, dan gula. Selain itu, susu juga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral seperti vitamin B kompleks, vitamin D, kalsium, potasium, sodium, serta magnesium, sementara air kelapa hanya mengandung beberapa mineral saja.
  • Bantu Sistem Kekebalan Tubuh
    Tidak ada literatur ilmiah yang membuktikan bahwa air kelapa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan membantu tubuh melawan beberapa virus penyebab penyakit. Sistem imunitas dalam tubuh adalah sistem yang sangat kompleks.
  • Bantu Cegah Batu Ginjal
    Hal pertama yang dapat dilakukan guna mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal adalah cukup mengonsumsi air atau cairan. Cairan bisa diperoleh dari air kelapa, air mineral, dan lainnya. Ada benarnya, baik air kelapa maupun air mineral, dapat mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. Namun, air kelapa tidak dapat menyembuhkan batu ginjal.
  • Pulihkan Rasa Pusing akibat Mabuk
  • Mabuk karena mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan harus segera dinetralkan. Caranya dengan minum air, baik air mineral maupun air kelapa. Sebenarnya, untuk meredakan rasa pusing akibat mabuk sebaiknya minum air yang mengandung gula. Tujuannya agar gula bisa cepat masuk ke pusat susunan saraf dan mengambil alih keterikatan tubuh pada alkohol. Dengan begitu, efek negatif dari mabuk dapat dinetralkan.

Beberapa Manfaat dari buah kelapa juga

  • Mengobati sakit gigi.
  • Mengobati panas dalam.
  • Menetralisir racun dalam tubuh.
  • Mencegah terjadinya influenza.
  • Mengobati rasa sakit yang disebabkan haid.
  • Bermanfaat untuk menghitamkan dan menyuburkan rambut.
  • Mengobati demam ataupun sakit panas.
  • Menghilangkan ketombe pada rambut.
Demikianlah ulasan tentang kandungan gizi buah kelapa, baca juga kandungan gizi buah pir.

loading...

Ikuti Update Kami