Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Duren - Buah yang satu ini banyak di jumpai di indonesia dan disenangi oleh rakyat indonesia, buah ini memiliki bentuk yang mengerikan karena duri duri yang tajem. namun didalam duri yang tajem itu terdapat biji yang dilindungi apa ya., pokoknya rasanya enak lah. selain buah duren yang mempunyai banyak kandungan gizi dan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita mudah juga kita temukan namun harganya terkadang mahal. kalau punya pohonya sendiri gak mahal deng.. hehehe.. eh buah duren ini mempunyai aroma yang mak nyus tenan lho... sampean beberapa meter baunya itu masih terasa sedap sekali.


Kandungan Buah Duren yang Tidak Baik


Mengkonsumsi durian dapat berbahaya bagi kesehatan.?? Ada banyak berita mengenai orang yang meninggal dunia setelah memakan durian. Sebenarnya hal berikut yang perlu di perhatikan bagi pecinta durian. Kandungan durian yang utama perlu di waspadai adalah kalorinya. Setiap 100 gram durian memiliki kalori sekitar 120-180 kalori. Satu durian dengan daging buah seberat 500 gram mengandung 600 – 900 kalori. Bila Anda memakan empat buah durian itu, maka tubuh Anda akan mendapatkan ledakan energi instan sebesar 2.400 -3.600 kalori, jauh melebihi kebutuhan harian rata-rata. Oleh karena itu, bila Anda memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, menderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, Anda harus berhati-hati bila mengkonsumsi durian.

Kandungan Gizi Buah Durian

Selain mendapat julukan ‘The King of Fruit’ durian juga mendapatkan julukan sebagai buah ‘bintang lima’ karena kandungan gizinya yang lengkap dibanding buah yang lain. Di antara kandungan nutrisi yang penting tersebut adalah vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6. Selain itu durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Disamping itu juga ada zat gizi utama seperti karbohidrat, lemak tak jenuh, dan protein.

Menurut tim peneliti dari Ohio State University, phytonutrient yang terkandung dalam buah durian diklaim mampu mematikan zat penyebab kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, diabetes, serta penyakit jantung.

Durian juga diperkaya dengan polifenol dan antioksidan seperti vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah durian bisa mencapai 200 mg/100 gr daging buah. Angka tersebut merupakan nilai tertinggi kandungan vitamin C pada buah.

Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Buffalo juga memberikan catatan penting tentang kandungan durian. Berdasarkan hasil riset mereka, kandungan zat phytosterol dalam durian berguna antara lain untuk memperbaiki reaksi anti tumor pada tubuh, memperbaiki daya tahan tubuh terhadap serangan kanker, dan membantu menghambat pertumbuhan tumor.

Jenis-jenis Buah Durian

Seperti halnya buah-buahan lain, Durian juga memiliki banyak jenis. Berdasarkan kultivar unggul nasional, terdapat lebih dari 55 jenis durian budidaya. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Durian Gapu dan Kelud dari Kediri Jawa Timur
  2. Durian Ligit dari Kutai
  3. Durian Mawar dari Long Kutai
  4. Durian Ripto dari Trenggalek
  5. Durian Salisun dari Nunukan
  6. Durian Selat dari Muara Jambi
  7. Durian Sememang dari Banjarnegara
  8. Durian Tong Medaye dari Lombok
  9. Durian Bentara dari Bengkulu utara
  10. Durian Bido Wonosalam dari Jombang Jawa Timur
  11. Durian Perwira dari Majalengka
  12. Durian Petruk dari Jepara Jawa tengah
  13. Durian Soya dari Ambon Maluku
  14. Durian Sunan dari Boyolali
  15. Durian Sidodol (Karang Intan, Kalimantan Selatan)
  16. Durian Sawah Mas (Mabah, Kalimantan Barat)
  17. Durian Matahari (Cimanggu, Bogor)
  18. Durian Gantalmas (Medan, Sumatera Utara)
  19. Durian Tembaga (Kampar, Kepulauan Riau)


Manfaat buah Durian bagi kesehatan

Durian, seperti buah-buahan tropis lainnya seperti pisang, alpukat, dan nangka, kaya energi, mineral dan vitamin. 100 g buah durian segar mengandung 147 kalori.
  • Sumber energi
    Buah durian teksturnya lembut,sehingga mudah dicerna karena terbuat dari gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Ketika durian dimakan, maka ia akan segera menghasilkan energi dan merevitalisasi tubuh secara langsung. Meskipun mengandung lemak yang relatuf lebih tinggi daripada buah-buahan lain, durian bebas lemak jenuh dan kolesterol.
  • Buah tinggi serat
    Durian kaya serat makanan, sehingga bisa menjadi pencahar yang baik. Serat dari durian akan membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi waktu paparan, serta mengikat bahan kimia penyebab kanker usus besar.
  • Kaya Antioksidan
    Buah durian merupakan sumber yang baik antioksidan dari vitamin C  (sekitar 33% dari RDA). Konsumsi makanan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh menjadi kebal infeksi dan radikal bebas berbahaya.
    Buah durian juga  merupakan sumber kelompok vitamin B-kompleks, seperti niacin, riboflavin, asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B-6) dan thiamin (vitamin B-1) . Vitamin ini penting bagi tubuh dan  hanya bisa diperoleh dari sumber luar, yaitu makanan.
  • Sumber kaya mineral
    Mineral yang dimiliki buah durian juga baik, seperti mangan, tembaga, besi dan magnesium. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga diperlukan tubuh dalam memproduksi sel darah merah, sementara Zat Besi diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah.
  • Sumber Kalium
    Buah durian adalah sumber yang sangat kaya kalium. Kalium adalah elektrolit yang penting dalam sel dan cairan tubuh yang membantu untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Baca: Manfaat kalium
  • Sumber asam amino esensialTak hanya itu saja, sebab durian juga mengandung asam amino esensial dengan kadar yang tinggi, yaitu triptofan (juga dikenal sebagai “pil tidur alami”) , yang didalam tubuh akan dimetabolisme menjadi serotonin dan melatonin. Ini adalah senyawa kimia yang memiliki fungsi penting, berguna sebagai induksi tidur pada pengobatan epilepsi.


Kandungan Gizi Buah Durian

Nilai nurtrisi per 100 g (3.5 oz)
Energi 615 kJ (147 kcal)
Karbohidrat 27.09 g
- Serat pangan 3.8 g
Lemak 5.33 g
Protein 1.47 g
Air 65g
Vitamin C 19.7 mg (33%)
Potassium 436 mg (9%)
Hanya bagian yang dapat dimakan, mentah atau beku.
Brangkasan: 68% (Shell and seeds)
Sumber: USDA Nutrient database
Persentase merujuk kepada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa.

Demikianlah ulasan tentang kandugan gizi dan manfaat buah duren. baca juga tentang kandungan gizi buah cempedak yang baum tajamnya melebihi dari durian namun bentuknya hampir sama dengan nangka.

loading...

Ikuti Update Kami