Buah Ceri - Buah yang mengandung anthocyanin ini mirip dengan buah ciplukan dari bentuk, isi dalamnya sampai rasannya hampir sama. buah yang banyak di temui di bagian indonesia ini mempunyai pohon yang cepat sekali masa pertumbuhannya. kebanyakan pohon ceri ini sebagai pohon pelindung di depan rumah atau di pekarangan rumah. dan buahnya sering sekali di ambilin anak-anak sembari bermain, kalau di daerah saya seperti itu. kalau di daearah anda apakah demikian juga.. hehe..


Kandungan Gizi Buah Ceri

Nilai Kandungan gizi Ceri per 100 g (3.5 oz)
Energi 263 kJ (63 kcal)
Karbohidrat 16 g
Gula 13 g
Diet serat 2 g
Lemak 0,2 g
Protein 1,1 g
Vitamin C 7 mg (12%)
Besi 0,4 mg (3%)
Persentase yang relatif ke US rekomendasi untuk orang dewasa.
Sumber: USDA Nutrient database


Manfaat Buah Ceri Bagi Kesehatan

  • Sumber Antioksidan yang kuatPigmen adalah senyawa flavonoid polifenol yang dikenal sebagai glikosida antosianin. Anthocyanin adalah yang membuat pigmen warna pada buah dan sayuran seperti merah, ungu atau biru, terutama yang terkonsentrasi di kulit. Antochyanin diketahui memiliki sifat anti-oksidan yang kuat.
  • Anti peradanganStudi ilmiah telah menunjukkan bahwa anthocyanin dalam buah ceri juga bersifat  anti inflamasi, dengan cara menghalangi tindakan enzim siklooksigenase-1, dan 2 . Dengan demikian, mengkonsumsi ceri memiliki efek kesehatan yang potensial mengurangi rasa yang menyakitkan pada penyakit kronis seperti artritis gout, fibromyalgia (kondisi otot yang menyakitkan) dan cedera olahraga.



  • Efek melawan kanker dan penuaanStudi penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dalam ceri juga membantu tubuh manusia untuk melawan kanker, penuaan dini, penyakit saraf, dan kondisi pradiabetes.
  • Menenangkan syarafBuah ceri sangat kaya akan melatoninn. Melatonin adalah antioksidan yang dapat melintasi penghalang darah keotak otak dengan mudah,  dan menghasilkan efek menenangkan pada saraf otak, menenangkan sistem iritasi saraf, yang membantu meringankan neurosis, insomnia dan kondisi sakit kepala.
  • Kaya mineral pentingBuah Cherry juga sumber seng, zat besi, kalium, dan mangan dan tembaga. Kalium adalah mineral untuk jantung sehat, sebuah nutrisi penting dari sel dan cairan tubuh yang berguna untuk mengatur denyut jantung dan tekanan darah.
  • Melindungi tubuh dari efek radikal bebasBuah, ceri  sangat kaya flavonoid poli fenolik dan antioksidan seperti lutein, zea-xanthin dan beta karoten. Senyawa ini bertindak sebagai zat perlindungan terhadap efek  radikal bebas berbahaya, sehingga berperan dalam memperlambat proses penuaan, mencegah kanker dan berbagai penyakit lain. Sifat zat anti inflamasi buah ceri ditemukan efektif untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung , dengan melakukan pembersihan tubuh  terhadap radikal bebas. (Referensi kesehatan: Nutrient to reduce cancer risk)

demikianlah ulasan tentang kandungan gizi buah ceri, baca juga tentang kandungan gizi buah srikaya

loading...

Ikuti Update Kami