Buah Anggur - Ada yang tidak tau dengan buah yang satu ini, buah yang mempunyai bentuk bulat kecil-kecil seperti kelereng ini mempunyai rasa yang manis dan enak, kandungan gizi yang terdapat pada buah ini sangat banyak sekali dan baik untuk tubuh kita jika kita mengkonsumsinya. Satu kandungan dan khasiat yang paling banyak dicari adalah bisa membuat seseorang yang rajin mengonsumsinya menjadi awet muda. Karena anggur merupakan sumber antioksidan yang tinggi serta kaya akan kalium untuk menghambat penuaan dini. Selain itu, anggur dipercaya mencegah penyakit infeksi seperti influenza.

Buah anggur memiliki banyak jenis, namun yang paling familiar di masyarakat Indonesia adalah anggur merah dan anggur hijau. Buah Anggur biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Anggur merupakan salah satu jenis buah mewah yang harganya cukup mahal. Hampir setiap orang telah mengenal tanaman ini meskipun belum pernah mengonsumsinya. Namun, terlepas dari harganya yang cukup mahal, buah ini memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.



KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT BUAH ANGGUR BAGI KESEHATAN

Buah anggur tidak hanya sumber dari vitamin A, C, B6 dan folate yang baik. Tetapi juga sumber mineral penting lainnya seperti potassium, calcium, iron, phosphorus, magnesium dan selenium. 

baca - Kandungan gizi Kismis/raisin (anggur yang dikeringkan)

Nilai kandungan gizi Anggur per 100 g (3.5 oz) 
Energi 288 kJ (69 kcal) 
Karbohidrat 18.1 g
 Gula 15,48 g
 Diet serat 0,9 g 
Lemak 0,16 g
Protein 0,72 g 
Thiamine (Vit. B1) 0.069 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,07 mg (5%) 
Niacin (Vit. B3) 0.188 mg (1%) 
Asam pantotenat (B5) 0,05 mg (1%)
Vitamin B6 0,086 mg (7%) 
Folat (Vit. B9) 2 mg (1%) 
Vitamin B12 0 mg (0%) 
Vitamin C 10,8 mg (18%) 
Vitamin K 22 mg (21%) 
Kalsium 10 mg (1%)
 Besi 0,36 mg (3%) 
Magnesium 7 mg (2%)
 Mangan 0,071 mg (4%)
Fosfor 20 mg (3%) 
Kalium 191 mg (4%)
Natrium 3,02 mg (0%) 
Seng 0,07 mg (1%) 
Sumber: USDA Nutrient database


Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan

Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung dalam buah anggur, menjadikannya sebagai buah yang kaya manfaat bagi manusia. Berikut ini beberapa manfaat buah anggur bagi kesehatan:

Mencegah Jantung Koroner
Anggur merah disebut-sebut dapat mencegah penyakit jantung koroner berkat kandungan senyawa fenol yang punya sifat antioksidan yang sangat kuat. Sedangkan resveratrol pada anggur merah dan hitam khususnya, berpotensi menurunkan risiko terkena jantung koroner (berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang dan AS). Begitu pula kandungan saponinnya, mampu menghambat penyerapan kolesterol dalam darah.

Mengatasi Insomnia
Sebuah penelitian di Italia menunjukkan bahwa pada anggur terdapat melatonin, suatu hormon yang bisa membantu mengatur jam biologis tidur manusia. Dengan begitu para penderita insomnia boleh berharap dengan mengonsumsi anggur bisa mengatasi masalah tidurnya.

Mengatasi Hipertensi
Kandungan kalium dan melatonin pada anggur bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, sementara kandungan seratnya mampu membersihkan pembuluh-pembuluh darah dari lemak.

Menghambat Sel Kanker
Sifat antioksidan, senyawa petrostilbene, acutimissin A, resveratrol, asam elagik yang cukup tinggi pada buah anggur menunjukkan kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Mencegah Diabetes
Kandungan mangan pada anggur mampu membantu menjaga kestabilan gula dalam darah.

Manfaat lainnya
Kandungan vitamin C pada anggur baik untuk pembentuk kolagen, kesehatan gusi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan gulanya merupakan sumber energi instan. Selain itu, anggur juga dipercaya sebagai afrodisiak (makanan pembangkit gairah seksual). Kandungan boron pada anggur pun dapat mencegah osteoporosis.


loading...

Ikuti Update Kami