Buah Alpukat - Siapa yang belum pernah makan buah yang satu ini, buah yang mempunyai rasa yang enak dan banyak sekali terdapat di daerah tempat tinggal saya. Buah memiliki kandungan gizi yang sangat banyak sekali, seharusnya buah ini menjadi daftar buah yang wajib dikonsumsi karena ia padat gizinya. Manfaat yang terkandung pada daun alpukat antara lain adalah daun alpukat mempunyai khasiat anti bakteri dan dapat melancarkan air seni. Selain itu daun alpukat dapat mengobati penyakit batu ginjal, daun alpukat dapat mengobati sakit perut, sakit pinggang dan hipertensi.


KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT BUAH ALPUKAT


  1. Cara mengobati penyakit batu ginjal dengan daun alpukat
    Ambil 7 lembar daun alpukat
    Seduh dengan 100 ml air panas
    Minum 2 kali sehari tiap pagi dan sore hingga batu ginjal keluar
  2. Cara mengobati sakit perut dengan daun alpukat
    Ambil 5 gram daun alpukat segar,
    5 gram Akar temu kelinci,
    6 gram rimpang kunyit segar,
    daaun pegagan segar sebanak 6 gram, Air 115 ml.
    Rebus hingga mendidih lalu dinginkan
    Minum air rebusan sehari sekali satu gelas
  3. Cara mengobati sakit Pinggang dengan daun alpukat
    Ambil 5 helai daun alpukat
    Tambahkan air 2 gelas lalu rebus hingga airnya tinggal segelas
    Diamkan air rebusan daun alpukat selama 1 malam
    Keesokan harinya baru diminum. Lakukan cara pengobatan ini 1 minggu, insya Allah sakit pinggang anda akan sembuh
  4. Cara mengobati hipertensi dengan daun alpukat
    Ambil 3 helai daun alpukat, cuci bersih
    Seduh dengan segelas air panas
    Dinginkan lalu minum, lakukan tiap satu kali sehari, insyah Allah hipertensi Anda akan sembuh.

Kandungan Gizi Buah Alpukat

  • Kandungan zat gizi Jumlah
  • Kalori 85,00 kal
  • Protein 0,90 g
  • Lemak 6,50 g
  • Karbohidrat 7,70 g
  • Kalsium (Ca) 10,00 mg
  • Fosfor (P) 20,00 mg
  • Zat Besi (Fe) 0,90 mg
  • Vitamin A 180,00 S.I.
  • Vitamin B1 0,05 mg
  • Vitamin C 13,00 mg
  • Air 84,30 mg
  • Serat 1,40 g
  • Bagian dapat dimakan 61,00%


  1. Protein
    Alpukat menyediakan semua 18 asam amino esensial yang diperlukan bagi tubuh untuk membentuk protein lengkap. Berbeda dengan protein dalam daging yang sulit untuk dicerna bagi kebanyakan orang, protein alpukat sangat mudah diserap oleh tubuh karena ia juga mengandung serat. Jika Anda mencoba untuk mengurangi sumber protein hewani dalam diet, atau jika Anda seorang vegetarian dan ingin mencari lebih banyak protein, alpukat bisa menjadi pilihan nutrisi yang baik.
  2. Lemak bermanfaat
    Alpukat menyediakan jenis lemak sehat yang dibutuhkan tubuh Anda. Seperti minyak zaitun, alpukat dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol "baik"). Kolesterol HDL dapat membantu melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Bahkan kolesterol tipe ini juga dapat membantu mengatur kadar trigliserida serta mencegah diabetes. Sebuah studi yang di Canadian Medical Association Journal menemukan bahwa diet vegetarian, yang mencakup lemak HDL, dapat mengurangi kadar LDL ("buruk" kolesterol).
  3. Karotenoid
    Alpukat merupakan sumber terbaik dari karotenoid dan phytonutrient. Alpukat, juga dikenal sebagai buah yang menawarkan beragam jenis karotenoid tidak hanya seperti beta-karoten, alfa-karoten dan lutein, tetapi juga varietas yang kurang dikenal dari jenis phytonutrient seperti neoxanthin, zeaxanthin, chrysanthemaxanthin, neochrome, beta-cryptoxanthin dan violaxanthin.

    Setiap kali Anda mengkonsumsi makanan yang kaya karotenoid, tubuh Anda akan menerima banyak asupan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Karotenoid juga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan fungsi sistem reproduksi. Karotenoid dapat larut dalam lemak, sehingga mengoptimalkan penyerapan nutrisi.
  4. Anti-inflamasi
    Efek kombinasi dari nutrisi yang terkandung dalam alpukat menawarkan manfaat besar sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan). Kombinasi unik dari buah alpukat seperti Vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3 asam lemak membantu mencegah peradangan. Hal ini menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko penyakit osteoarthritis dan rematik.
  5. Kesehatan jantung
    Kandungan lemak pada alpukat sering dianggap dapat memberikan pengaruh buruk pada kesehatan. Padahal, lemak ini justru sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam oleat dalam alpukat dapat meningkatkan kesehatan jantung. Asam oleat merupakan asam lemak utama dalam alpukat.
  6. Pilih dan makan
    Untuk mendapatkan nilai gizi yang optimal dari alpukat, jangan memilih yang sudah terlalu matang. Anda dapat melakukan identifikasi dengan cara merabanya. Jangan memilih alpukat yang sudah penyok atau terasa lembek ketika Anda memegangnya. Alpukat matang seharusnya tidak penyok di kulit dan akan terasa agak empuk saat ditekan. Anda juga dapat membeli alpukat mentah dan menyimpannya dirumah sampai matang.
Sekian dulu ulasan tentang kandungan gizi buah alpukat, baca juga kandungan gizi buah apel.

loading...

Ikuti Update Kami