Memelihara Ikan Piranha di Aquarium : Ikan Piranha adalah jenis ikan yang ganas,buas tanpa rasa takut. Dapat menghabiskan daging hewan mamalia yang terjatuh di sungai sampai hanya tulang belulang saja.

Apalagi dengan adanya film-film yang meng-eksploitasi piranha sebagai ikan yang ditakuti. Kalau manusia tidak sengaja jatuh ke sungai yang berisi ikan piranha, maka tanpa ampun akan disantap sampai habis.

Sebenarnya Mitologi keganasan ikan piranha tidak sepenuhnya benar seperti yang didengar atau dilihat dalam film-film tersebut. Kira-kira 20 an jenis ikan piranha di Amazon adalah omnivora yaitu tidak saja memakan daging tapi juga biji-bijian dari tanaman yang tumbuh di sungai-sungai Amazon.

MEMELIHARA IKAN MONSTER PIRANHA DI AQUARIUM

Makanan utama piranha adalah ikan-ikan di sungai-sungai Amazon seperti jenis cichlid dan catfish. Waktu ukuran kecil, piranha memakan cacing, serangga juga sisik dan sirip ikan yang lebih besar. Ikan piranha kecil ini mendekati dengan cara diam-diam ikan yang di incar dan dengan cepat menggigit sisik ataupun sirip ikan tersebut kemudian lari..

 Piranha yang hidup bergerombol seperti pygocentrus caribe, pygocentrus piraya biasanya mencari mangsa dengan cara berkelompok. Mencari target ikan yang kurang sehat atau lemah, maka ikan tersebut dengan mudah diserang tanpa dapat lari menjauh.

Ketika musim anak-anak burung mulai belajar terbang, biasanya piranha caribe bergerombol dibawah ranting-ranting pohon yang berada diatas air sungai. Dengan tujuan menunggu ada bayi burung yang terjatuh ke sungai. Setelah mendarat di air, maka piranha dengan cepat melahap, memangsa bayi burung sampai habis.

Piranha yang berkelompok yaitu genus pygocentrus, biasanya akan menjadi ganas apabila di waktu musim kering, dimana air sungai hutan Amazon menjadi surut. Akibatnya membentuk danau-danau kecil yang terpisah dari aliran sungai besar. Kelompok-kelompok piranha menjadi terkurung di danau-danau kecil tersebut. Ikan-ikan yang menjadi mangsanya lama-kelamaan berkurang atau tidak ada lagi yang tersisa. Keadaan itu membuat kelompok piranha menjadi kelaparan dan kanibalisme antara piranha akan terjadi. Pada saat itulah, menjadi berbahaya apabila ada manusia masuk berenang ke danau tersebut, yang dipenuhi kelompok ikan piranha yang kelaparan.

Penduduk yang mendiami sungai-sungai di Amazon sudah faham keadaan dimana ikan piranha akan menjadi berbahaya seperti di danau-danau kecil yang ter-isolasi disaat musim kering dan dimana yang tidak menjadi ancaman. Mereka sudah terbiasa mandi dan menangkap ikan di sungai-sungai Amazon tanpa ada rasa kekuatiran digigit. Dan ikan-ikan piranha ternyata adalah jenis ikan yang enak untuk dikonsumsi.

Ikan piranha sebenarnya ikan yang mudah takut dan stress apabila dipelihara di aquarium. Mungkin beberapa dari genus serrasalmus, seperti serrasalmus rhombeus spesimen dewasa. Menurut Hobbyist mempunyai temperamen yang berani dan akan menggigit apa saja yang masuk ke dalam aquarium, termasuk jari tangan si Hobbyist. Tapi  itu lebih karena didorong oleh insting teritorialnya. Jadi harus ber hati-hati kalau hendak melakukan sesuatu pada bagian dalam aquarium.







Piranha jenis red bellied nattereri (Pygocentrus Nattereri) adalah yang umum dipelihara orang. Jenis ini banyak tersedia karena mudah di kembang-biakan. Nattereri biasa hidup berkelompok dan akan menjadi mudah stress atau takut kalau dipelihara hanya single saja di dalam aquarium. Dengan itu sebaiknya memelihara jenis ini lebih dari satu ekor untuk menghindari ikan stress.



loading...

Ikuti Update Kami