Jamu Untuk Ayam Bangkok Aduan : Ayam agar pertumbuhannya cepat selain di kasih makan juga harus rutin di kasih jamu agar terhindar dari kermi, cacing-cacing dll, yang nantinya akan mengurangi nafsu makan dan mengakibatkan ayam menjadi kurus. kali ini jamu yang akan diberikan menggunakan bahan rempah-rempah tradisional, seperti kunyit yang sudah dikenal sejak dahulu kala, zaman nenek moyang kita.  seperti kunir, temu lawak, kencur, jahe, daun salam, dan wajan untuk memasaknya.., hehe.., selain rempah-rempah juga tawon/lebah ason-ason juga bisa untuk jamu jago ayam bangkok. Ayam bangkok aduan memang membutuhkan perhatian yang ekstra. Bukan hanya perhatian terhadap jenis dan jumlah pakan, kandang, faktor keamanan, melainkan juga perhatian pada stamina dan kelihaiannya dalam bertarung. Stamina yang baik memang bisa dihasilkan dari konsumsi pakan yang baik. Akan tetapi, ia masih perlu tambahan suplemen untuk memperkokoh staminanya. Salah satu cara memperkokoh stamina ayam bangkok aduan misalnya dengan memberinya jamu dari bahan-bahan herbal.
foto search
Baca juga : Pakan ayam bangkok berkualitas

JAMU UNTUK JAGO AYAM BANGKOK

Manfaat kunyit untuk ayam bangkok aduan sehari-hari yaitu :

Menambah nafsu makanPemberian kunyit atau kunir merupakan langkah tepat dimana ayam mulai kekurangan nafsu makan.
Antibiotik (vaksin)
Bagi ayam bangkok aduan alangkah baiknya jika pemberian vaksin digantikan oleh kunir.
Diare
Kunyit dipercaya mengurangi mencret pada ayam. diare pada ayam biasanya disebabkan oleh meminum air yang terlalu banyak dan penyebab lainnya. Untuk itu, pemberian kunir adalah solusi yang tepat untuk mengobati diare
Lesu
Ayam bangkok aduan yang lesu atau kurang bergairah dapat diatasi dengan menggunakan kunyit yang dipotong menjadi 1/4 bagian siung kecil kemudian dilolohkan utuh tanpa di tumbuk untuk ayam dewasa.

Jamu Herbal Ayam Bangkok

Selain itu, ada lagi kegunaan kunyit selain yang telah dijelaskan diatas yang akan dijelaskan di bawah ini.   
  1. Sebagai obat dalam
    Bagian umbi ( rimpang )kunyit yang berumur lebih dari satu tahun dapat digunakan sebagai obat, dan kunyit berkhasiat sebagai berikut :
    a. dapat mendinginkan badan ketika ayam terjangkit panas dalam atau saat kondisi panas
    b. dapat membersihkan sisa kotoran pada saluran pencernaan sehingga zat  beracun tidak tersisa
    c. membantu merangsang melepaskan kelebihan gas di usus
    d. dapat menghentikan pendarahan dan mencegah penggumpalan darah.
    Cara pemberiannya pun mudah yang dapat dilakukan dengan cara umbi dihaluskan dan dipakankan langsung ke ayam bangkok aduan, boleh juga ditambah dengan air perasannya.
  2. Sebagai obat Luar
    a. Kunyit dapat digunakan untuk mengobati penyakit bengkak setelah bertarung dengan cara dioleskan langsung pada luka.
    b. Kunyit tersebut digunakan sebagai bedak dengan dicampurkan Gambir & kapur sirih didalamnya. usapkan cairan kunyit ke seluruh badan ayam aduan yang bisa mempertebal kulit, sehingga tahan gigitan serangga
    c. Manfaat selanjutnya adalah sebagai obat mata bengkak dengan caranya adalah meneteskan cairan kunyit pada mata
    d. Sebagai obat hidung yang berair karena pilek, dengan cara membersihkan hidung ayam aduan dengan cairan kunyit yang di panaskan
    e. Dapat mengobati penyakit turun urat, caranya adalah dengan merebus kunyit & daun sereh, kemudian cairannya digunakan untuk mengkompres kaki ayam yang terkena turun urat.
Baca juga
Cara Beternak Ayam Bangkok
Cara memilih induk ayam bangkok yang berkualitas
Cara melatih ayam bangkok juara




Share ya... semoga informasi ini bermanfaat...

---------------------------------------------------------


loading...

Ikuti Update Kami